Interaksi
Interaksi adalah suatu komunikasi yang terjalin
antara user dengan sistem.
Dialog antara manusia dan sistem sendiri
dipengaruhi oleh bentuk interface.
Cakupan yang luas untuk tingkat keharusan
komunikasi user dan sistem dalam melakukan task(tugas) :
- Batch processing
- Dorect manipulation and virtual reality
Berikut adalah level dari interaksi
1. Task Level (Goal dari user)
- Pengetahuan user terhadap domain
- Pengetahuan user dalam berbahasa
- Komputer mempresentasikan task domain
- Perintah bahasa komputer
3. Goal Level
- Dialog Level (input / output level)
Berikut adalah terminologi interaksi
- Domain : area keahlian dan pengetahuan pada
kegiatan dunia nyata
- Goal : menginginkan hasil dari suatu task (tugas)
- Task : merupakan operasi untuk memanipulasi
muatan dari domain
- Intention : aksi khusus untuk menemukan tujuan
yang diinginkan
- Task analysis : identifikasi ruang masalah yang
berkaitan dengan domain,tujuan,tugas,dan maksud
- System : aplikasi komputer
- Task languange : bahasa user,menjelaskan atribut
domain yang relevan terhadap kondisi pengguna
- Core languange : bahasa sistem yang menjelaskan
atribut doamin yang relevan terhadap kondisi sistem
Berikut adalah siklus interaksi (execution/evaluation loop)
- Donald Norman’s model (7 komponen) :
¡ Menetapkan tujuan
¡ Membentuk intention
¡ Menetapkan rangkaian aksi
¡ Melaksanakan aksi
¡ Melihat kondisi sistem
¡ Menginterprestasikan kondisi sistem
¡ Mengevaluasi kondisi sistem sehubungan dengan
goal dan intention
- Model Norman berkonsentrasi pada pandangan
pengguna antarmuka
Ergonomi
- Studi tentang
karakteristik fisik dari interaksi yang mengarah kepada faktor kenyamanan kerja.
- Memahami seluruh
kondisi manusia,baik dari segi anatomi, fisiologi, psikologi, engineering, manajemen, dan desain/perancangan.
- Ergonomi baik
menentukan standar dan pedoman untuk membatasi cara kita mendesain aspek
tertentu dari sistem.
Berikut
adalah contoh-contoh dari ergonomi
- Pengaturan kontrol
dan tampilan
Contoh
: kontrol dikelompokkan berdasarkan fungsi atau frekuensi pengguna, atau secara
berurutan.
- Lingkungan sekitar
Contoh
: pengaturan tempat duduk beradaptasi untuk mengatasi semua ukuran pengguna.
- Masalah kesehatan
Contoh
: posisi fisik, kondisi lingkungan (suhu,kelembaban), pencahayaan,kebisingan.
- Penggunaan warna
Ergonomi
- Studi tentang
karakteristik fisik dari interaksi yang mengarah kepada faktor kenyamanan kerja.
- Memahami seluruh
kondisi manusia,baik dari segi anatomi, fisiologi, psikologi, engineering, manajemen, dan desain/perancangan.
- Ergonomi baik
menentukan standar dan pedoman untuk membatasi cara kita mendesain aspek
tertentu dari sistem.
Berikut
adalah contoh-contoh dari ergonomi
- Pengaturan kontrol
dan tampilan
Contoh
: kontrol dikelompokkan berdasarkan fungsi atau frekuensi pengguna, atau secara
berurutan.
- Lingkungan sekitar
Contoh
: pengaturan tempat duduk beradaptasi untuk mengatasi semua ukuran pengguna.
- Masalah kesehatan
Contoh
: posisi fisik, kondisi lingkungan (suhu,kelembaban), pencahayaan,kebisingan.
- Penggunaan warna
Tidak ada komentar:
Posting Komentar