Senin, 17 Oktober 2016

INTERAKSI

Interaksi

 Interaksi adalah suatu komunikasi yang terjalin antara user dengan sistem.
Dialog antara manusia dan sistem sendiri dipengaruhi oleh bentuk interface.
      Cakupan yang luas untuk tingkat keharusan komunikasi user dan sistem dalam melakukan task(tugas) :
  •  Batch processing 
                  Tidak diperlukan input langsung dari user
  •   Dorect manipulation and virtual reality 
                  Semua dikontrol oleh user


Berikut adalah level dari interaksi

1. Task Level (Goal dari user)
  • Pengetahuan user terhadap domain
  • Pengetahuan user dalam berbahasa 
2. Dialog Level (Output pada Dunia Nyata)
  • Komputer mempresentasikan task domain
  • Perintah bahasa komputer
3. Goal Level
  • Dialog Level (input / output level)


   Berikut adalah terminologi interaksi

-        Domain : area keahlian dan pengetahuan pada kegiatan dunia nyata
-        Goal : menginginkan hasil dari suatu task (tugas)
-        Task : merupakan operasi untuk memanipulasi muatan dari domain
-        Intention : aksi khusus untuk menemukan tujuan yang diinginkan
-       Task analysis : identifikasi ruang masalah yang berkaitan dengan domain,tujuan,tugas,dan        maksud
-        System : aplikasi komputer
-    Task languange : bahasa user,menjelaskan atribut domain yang relevan terhadap kondisi    pengguna
-    Core languange : bahasa sistem yang menjelaskan atribut doamin yang relevan terhadap    kondisi sistem

Berikut adalah siklus interaksi (execution/evaluation loop)











  •   Donald Norman’s model (7 komponen) :

¡  Menetapkan tujuan
¡  Membentuk intention
¡  Menetapkan rangkaian aksi
¡  Melaksanakan aksi
¡  Melihat kondisi sistem
¡  Menginterprestasikan kondisi sistem
¡  Mengevaluasi kondisi sistem sehubungan dengan goal dan intention

  •   Model Norman berkonsentrasi pada pandangan pengguna antarmuka




Ergonomi

-       Studi tentang karakteristik fisik dari interaksi yang mengarah kepada faktor kenyamanan kerja.
-       Memahami seluruh kondisi manusia,baik dari segi anatomi, fisiologi, psikologi, engineering, manajemen, dan desain/perancangan.
-       Ergonomi baik menentukan standar dan pedoman untuk membatasi cara kita mendesain aspek tertentu dari sistem.

Berikut adalah contoh-contoh dari ergonomi
-       Pengaturan kontrol dan tampilan
Contoh : kontrol dikelompokkan berdasarkan fungsi atau frekuensi pengguna, atau secara berurutan.
-       Lingkungan sekitar
Contoh : pengaturan tempat duduk beradaptasi untuk mengatasi semua ukuran pengguna.
-       Masalah kesehatan
Contoh : posisi fisik, kondisi lingkungan (suhu,kelembaban), pencahayaan,kebisingan.
-       Penggunaan warna 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar